Wednesday, May 13, 2009

Fakta Tentang Kota Tangerang

Kota Tangerang terletak di Provinsi Banten. Posisinya ada di sebelah barat Jakarta. Kota Tangerang berbatasan dengan Kota Tangerang Selatan di sebelah selatan, Ibukota Jakarta di sebelah timur, dan dengan Kabupaten Tangerang di sebelah barat dan utara.

Sebagai kota terpenting dan terbesar di Provinsi Banten, kota ini juga sebagai kota ketiga terbesar di kawasan Jabodetabek setelah Jakarta dan Bekasi.

Dahulu merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Tangerang, kemudian statusnya ditingkatkan menjadi kota administratif sebelum ditetapkan sebagai kotamadya. Di tahun 2001, sebutan “kotamadya” diganti dengan “kota”.

Bisa dibilang Tangerang adalah pintu gerbang utama Indonesia karena keberadaan Bandara Internasional Soekarno Hatta berada di wilayah Kota Tangerang. Kota ini juga merupakan pusat industri dan manufaktur di pulau Jawa. Memiliki lebih dari 1000 pabrik, banyak diantara pabrik pabrik ini dimiliki oleh perusahaan perusahaan internasional.

Tangerang juga dijuluki dengan kota “benteng”. Hal ini berawal dari sebuah benteng yang didirikan oleh VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) dulu dan terletak di sebelah timur Sungai Cisadane. Sekarang bentengnya sudah tidak ada lagi. Benteng yang juga dikenal dengan sebutan Benteng Makasar tersebut (karena para serdadu penjaganya kebanyakan adalah orang Bone, yang dianggap penduduk setempat sama dengan Makasar) didirikan untuk mencegah direbutnya kembali Tangerang dari tangan VOC.

Kadang kita sering mendengar nama “Cina Benteng”, nama tersebut sebenarnya mengacu pada penduduk keturunan Tionghua yang tinggal di daerah Tangerang. Kehadiran warga Tionghua sudah ada sebenarnya jauh sebelum Belanda datang ke Indonesia. Menurut sejarah, sebutan Cina Benteng juga tidak lepas dari kehadiran Benteng yang dibangun pada zaman kolonial Belanda tersebut. Banyak orang Cina Tangerang pada saat itu bertempat tinggal di luar Benteng Makassar, terutama di daerah sebelah utara.

Pasar lama merupakan pusat jajanan rakyat yang banyak disukai oleh warga Kota Tangerang dan cukup terkenal. Di sekitar kawasan pecinan ini, Anda bisa menemui segala jenis makanan yang ramai dikunjungi terutama pada malam hari.

pecinan tangerang pasar lama


Sungai Cisadane dari dulu sudah menjadi andalan dan sumber penghasilan bagi warga Tangerang. Tak hanya merupakan salah satu sungai besar di Tatar Pasundan, sungai ini juga merupakan salah satu sungai terbesar dan terpanjang di pulau Jawa.

sungai cisadane tangerang


Masjid Raya Al A’zhom adalah masjid kebanggaan warga Tangerang. Memiliki lima kubah raksasa dengan desainnya yang unik merupakan salah satu ciri khas dari masjid ini. Karena kemegahan dan keunikannya itulah masjid ini menjadi salah satu landmark kota Tangerang. Tak hanya itu, mesjid terbesar di Kota Tangerang ini juga memiliki kubah masjid terbesar di dunia. Masjid ini letaknya didepan kantor Wali Kota Tangerang dan Kantor DPRD Kota Tangerang. Kantor Majelis Ulama Indonesia Kota Tangerang berada disamping mesjid tersebut.

masjid raya al alzhom tangerang

kota benteng tangerang banten

0 comments:

Post a Comment