Friday, June 11, 2010

Cerita dan Fakta Mengenai Film Mulan (Kartun Disney)

kartun mulan
  • Nama pertama Mulan adalah Mulan. Nama keluarganya adalah Hua atau Fa. Dalam budaya Cina, nama keluarga disebut doloan, jadi dia dipanggil Hua Mulan (diucapkan "hwah"), atau dalam versi lain, termasuk Disney, Fa Mulan (pengucapan Kanton).
  • Film ini disutradarai oleh Tony Bancroft dan Barry Cook, dan ceritanya ditulis oleh Robert D. San Souci. Dia mengambil ide dasar dari legenda Tionghoa tentang Hua Mulan.
  • Cerita Mulan terdiri dari berbagai versi, namun garis besarnya sama, keluarga gadis harus menyerahkan laki-laki untuk melawan pasukan invasi. Dalam satu versi pasukan invasi ini merupakan para "barbar", di versi lain adalah tentara bandit yang dipimpin oleh seorang pria bernama "Leopard Skin" (kulit macan tutul), dan di versi lainnya adalah para Hun (ini juga merupakan versi dari Disney).
  • Ming-Na, Eddie Murphy, Miguel Ferrer dan BD Wong membintangi dalam film versi bahasa Inggris, sedangkan Jackie Chan adalah pengisi suara dalam film versi Mandarin.
  • Kisah Mulan telah diceritakan di China selama hampir 2.000 tahun.
  • Dalam cerita asli, Mulan berjuang dalam perang selama 12 tahun.
  • Anggota tim kreatif mengunjungi Cina, di mana mereka menghabiskan lebih dari tiga minggu mengambil foto dan membuat sketsa untuk belajar gaya dan budaya Cina.
  • Hampir semua gerakan latihan yang digunakan dalam adegan ini didasarkan pada pelatihan riil gerakan dari Kuil Shaolin, atau sering disebut juga sebagai tempat kelahiran seni bela diri.
fakta tentang film mulan
  • Pertempuran di Gunung: Bagian ini dikatakan sebagai adegan visual paling spektakuler di seluruh cerita film. Disebut dengan "Huns on the Run" oleh direksi, adegan ini memiliki ribuan karakter animasi yg tampil pada waktu yang sama.

    Di sinilah CGI, atau Computer Generated Imagery, digunakan untuk performa ini. Menggunakan program khusus, yang programmer sebut dengan nama "Atilla", mereka mampu memainkan banyak karakter dengan hanya menggunakan beberapa pola, dan mengubah sedikit detail pada masing-masing.

    Direksi juga menggunakan cara yang unik untuk menciptakan "gempa atau getaran" pada longsoran salju. Mereka melakukan ini dengan memproyeksikan pada adegan versi pensil sketsa ke layar besar, dan memfilmkannya dengan kamera genggam. Mereka menyerahkan tugas ini kepada para animator dan programer komputer untuk melakukan tugas-tugas mereka.

Cerita film Mulan (Disney):
Sebuah dinasti di China diserang oleh bangsa Hun yang dipimpin oleh seorang yang kejam bernama Shan Yu. Sang kaisar terpaksa harus menetapkan wajib militer – dimana tiap keluarga diwajibkan harus mengirim seorang pria untuk bertarung melawan invasi. Satu-satunya pria di keluarga Mulan adalah ayahnya sendiri yang juga merupakan veteran perang, sudah berusia lanjut dan mengalami kesehatan yang memburuk. Mulan tidak ingin ayahnya pergi berperang sehingga dia menyamar secara diam-diam untuk menjadi pria demi menggantikan ayahnya. Ia pun lalu mencuri senjata ayahnya, seragam perang beserta kudanya dan pergi melaksanakan tugas ayahnya. Mulan dan teman-temannya kemudian ditugaskan berperang di bawah komando Li Shang.

naga mulan mushu
Mengetahui hal ini, orang tua Mulan menjadi sangat khawatir dan terus berdoa pada leluhur untuk keselamatan anaknya. Sang leluhur pun mengirim "Great Stone Dragon" untuk melindungi Mulan, tapi tanpa mereka sadari patung tersebut gagal hidup kembali dan yang melindungi Mulan adalah seekor naga kecil yg bernama Mushu.

Mushu sangat berambisi membuat Mulan sukses dan ia pun memalsukan perintah palsu dari jenderal Li (ayahnya Li Shang), menyuruh pasukan Li Shang mengikuti mereka di pegunungan. Pasukan Li Shang pun menyusul ke pegunungan tersebut dan terkejut menemukan bahwa ayahnya beserta semua pasukannya telah dihabisi oleh Hun.

Tidak lama setelah pasukan Li Shang hendak balik pulang, pasukan Hun pun tiba2 menyerang. Melihat begitu banyaknya pasukan Hun, Li Shang pun kebingungan, tetapi ide cerdik Mulan pun muncul. Mulan menggunakan roket yang ditembak ke atas bukit pegunungan salju sehingga menyebabkan kelongsoran yang menguburkan hampir semua pasukan Hun.

cerita mulan disney
Sayangnya, di tengah-tengah perjuangan, identitas asli Mulan terbongkar. Mulan terluka di dada karena dibeset pedang Shan Yu ketika berperang, sehingga identitas aslinya pun terungkap ketika lukanya diperban. Seharusnya Mulan sudah dibunuh sesuai hukum dan peraturan yang ditentukan, tetapi karena wanita tangguh ini pernah menyelamatkan Li Shang, akhirnya Mulan pun dilepaskan dan ditinggal di gunung dan sisa pasukan tentara lainnya pun berangkat ke Kota Imperial untuk melaporkan berita kematian Hun.

legenda mulan
Namun setelah mereka pergi, Mulan menyaksikan bahwa beberapa prajurit Hun termasuk Shan Yu bertahan hidup dari longsoran salju, pasukan musuh pun bersiap untuk pergi ke istana untuk melakukan serangan dan bertekad menangkap Kaisar. Mulan bergegas ke istana untuk memberitahu kabar buruk ini pada Li Shang dan kawan-kawan namun sayangnya tidak ada seorang pun yang mau percaya lagi. Akhirnya, pasukan musuhpun tiba di istana. Mulan tidak ada pilihan lain selain turun tangan sendiri mencari cara untuk melawan pasukan musuh dengan ilmu beladiri dan akal cemerlangnya sendiri. Pada ujung cerita, Mulan beserta teman-temannya berhasil menyelamatkan kaisar serta seluruh dinasti itu.

2 comments:

Okti selli said...

Makasiihh... :)

Ubek Boy said...

I like this.
Film childhood :D

Post a Comment