Monday, July 5, 2010

Apa itu Bahan Katun - Berasal Darimana Benang Kapas

asal benang kapas dari bahan katun
Kapas adalah sebuah bahan (serat halus) yg berasal dari sebuah tanaman. Serat halus berwarna seperti krim ini tumbuh di sebuah kapsul yang disebut dengan boll atau buah kapas pada tumbuhan ‘semak’ yang berasal dari daerah tropika dan subtropika. Mereka dapat ditemukan disekitar biji dari tanaman tersebut. Serat kapas menjadi bahan penting dalam industri tekstil karena dapat dipintal jadi benang dan ditenun untuk menjadi kain.

buah kapas
Buah Kapas (Boll)
Serat kapas juga merupakan produk yang amat berharga karena sekitar 10% dari berat kotor (bruto) produk yang hilang dalam pemrosesan. Apabila protein, lemak, malam (lilin), dll residu disingkirkan maka sisanya adalah polimer selulosa murni dan alami. Tekstil yg terbuat dari kapas bersifat menghangatkan. Selulosa ini tersusun sedemikian rupa sehingga bahan ini memiliki daya tahan (durabilitas), kekuatan, dan daya serap yang mengagumkan. Produk tekstil dari serat kapas dikenal sebagai katun (benang maupun kainnya).

serat kapas
Katun itu sendiri sering dikombinasikan dengan bahan lain demi menambah kekuatan maupun kenyamanan sebuah kain. Kelebihan lain serat kapas dari sebuah kain adalah kemampuannya menyerap keringat atau air sehingga serat kapas ini sering mejadi bahan favorit banyak orang.
bahan katun
Faktanya, bahan kapas merupakan bahan kain yang paling laku di dunia sehingga bahan ini sering dibuat dalam berbagai macam produk tekstil seperti kaus, kaos kaki, handuk, T-shirt, pakaian dalam, celana jeans, sweaters dan masih banyak lagi. Kapas juga digunakan dalam saringan kopi, jaring ikan, pembatas buku dan tenda.

Denim, sebuah jenis pakaian ‘durable’ juga terbuat dari kapas sebagian besarnya. Sekarang ini kapas telah diproduksi di berbagai tempat di dunia, termasuk Amerika, Afrika, Asia, Eropa dan Australia. Uang Cina pertama terbuat dari fiber kapas, begitupun juga uang dollar AS modern.

0 comments:

Post a Comment