Monday, July 5, 2010

Macam Macam Jenis Kain Katun (Cotton) - Tipe Bahan Kaos

tanaman kapas
Ada 5 macam jenis kapas (cotton) yang dibudidayakan secara komersial: Asiatic cotton, Sea Island katun, katun mesir, kapas Upland Amerika dan Amerika Prima kapas. Katun Mesir, kapas Pima dan kapas Upland adalah kapas kapas yg paling banyak terlihat di pasaran saat ini. Katun Mesir, katun Pima dan Sea Island cotton semuanya berasal dari tanaman kapas yang sama, yaitu Barbadens Gossypium.

Sea Island Cotton

Katun Sea Island yg otentik merupakan kasmir kapas. Katun jenis ini juga termasuk katun ELS (extra long staple) sehingga memiliki panjang staple sekitar lebih dari 1 3/8 inch. Katun ini sering difavoritkan orang karena fibernya yang panjang dan halus sehingga dapat dijadikan benang berkualitas yang ditenun menjadi sepotong kain lembut dan elegan yang mahal harganya. Kapas jenis ini juga dapat dicuci dengan mesin, tapi kadang kadang mercerized (sudah dibuat menjadi lebih lembut, kuat dan mengkilau).

Egyptian Cotton atau Katun Mesir

macam jenis serat kapas katun
Fiber kapas ini sedikit berwarna kecoklatan. Berasal dari Mesir (sesuai namanya), katun jenis ini mempunyai serat yang panjang, lebih tipis dan mengkilau sehingga dapat dijadikan benang yang kuat. Katun Mesir juga merupakan jenis ELS cotton. Kondisi yang lembab dan tanah yang subur di sepanjang Nile River Valley Mesir menciptakan kondisi yang ideal untuk menghasilkan cotton fiber yang panjang ini. Katun Mesir mempunyai staple yang berkisaran dari 1½ inch sampai dengan 2 ¼ inches.

Ada banyak jenis katun yang sengaja disebut sebagai katun Mesir tetapi kenyataannya katun Mesir asli hanya dapat diperoleh dari Mesir. Logo katun Mesir sengaja diciptakan pada tahun 2001 sebagai trademark untuk membedakan produk katun Mesir dengan jenis katun lainnya.

jenis bahan katun kaos
Katun Pima

Salah satu jenis katun yang termasuk dalam kategori ELS cotton, katun ini dikenal dengan fibernya yang lembut dan panjang, kualitasnya pun tidak kalah dengan katun Mesir. Karena kelembutannya, kekuatan, daya tahan, dan daya serapnya, kapas ini menjadi salah satu yang terbaik dan terpopuler untuk dijadikan seprai, handuk dan pakaian. Katun Pima merupakan jenis kapas yang ditanam terutama di Australia, Peru dan Amerika Serikat barat daya. Kapas Pima sedikit lebih pendek dari kapas Mesir tetapi keduanya menghasilkan benang berkualitas yang dapat ditenun beberapa kali supaya menjadi sepotong kain yang lembut, padat dan elegan.

jenis kain cotton
Asiatic Cotton

Tipe fiber katun ini mempunyai serat yang lebih keras dan kasar sehingga sering dipakai untuk membuat produk produk seperti selimut, filter, pakaian piknik, bahan padding dan sejenisnya. India, Cina dan di Near east adalah tempat dimana jenis katun ini banyak dihasilkan.

American Upland Cotton

jenis kain kaos
Termasuk salah satu jenis bahan katun yang banyak dipakai, American upland cotton lebih murah dan dengan kualitas yang basic. Fleksibilitas dari bahan ini membuatnya dapat digunakan untuk kemeja mahal dan denim.


Ada banyak lagi jenis bahan katun yang ada seperti Bamboo Cotton, French Terry katun, Canton cotton, Cotton Twill, Honey Comb Cotton dan Oxford Chambray Cotton.

0 comments:

Post a Comment