Wednesday, February 17, 2010

Perbedaan kopi Cappuccino dan Latte

Secangkir Kopi CappuccinoCappuccino dan latte dua-duanya adalah kopi. Latte dan cappuccino adalah dua jenis kopi yang juga paling sering tersedia dalam variasi menu kopi di cafe, warung/ kedai kopi di seluruh dunia. Namun masih banyak orang yang tidak tahu dan bingung apa perbedaan antara kedua kopi tersebut – cappucino dengan caffe latte (salah satu jenis kopi Italy versi lain). Di sini, di bawah ini adalah petunjuk yang mungkin berguna bagi mereka yang perlu mengetahui perbedaan antara kedua minuman berbasis espresso ini.

Persamaan di antara keduanya adalah kopi cappuccino dan latte menggunakan kopi espresso sebagai bahan dasar mereka, keduanya juga menggunakan susu sebagai bahan campurannya. Proses pembuatannya yaitu dengan menggabungkan kopi espresso, susu dan susu crema (buih) diatasnya. Sedangkan perbedaan dari latte dan cappuccino ini adalah mereka menggunakan jumlah kadar espresso dan susu yang berbeda. Latte memiliki kadar susu yang lebih banyak dari pada cappuccino (maka dari itu rasa kopinya tidak terlalu keras) sedangkan cappuccino memiliki jumlah isi susu yang lebih sedikit sehingga rasa kopi espressonya lebih terasa. Crema susu (buih) dari kopi cappuccino juga lebih sedikit dibandingkan dengan latte. Namun, pengaturan bahan kedua kopi tersebut juga bisa berbeda pada tiap negara.

Di tempat-tempat tertentu latte lebih disajikan dalam sebuah gelas, bukan cangkir. Busa di atas kopi cappuccino bisa bertindak sebagai penutup atau isolator, sehingga akan menjaga dan membuat kopi anda panas lebih lama. Cappuccino adalah kopi aromatik Italia sebagian besar dikonsumsi oleh orang-orang di pagi hari. Anda dapat menggunakan skim atau susu kedelai dalam cappuccino sebagai alternatif untuk rendah lemak. Anda juga dapat menambahkan sirup rasa seperti vanili, jeruk atau rasa Bailey untuk mendapatkan rasa yang berbeda. Pembuat kopi yang terampil membuat desain kecil di pada buih di bagian atas cangkir.

0 comments:

Post a Comment