Sunday, June 6, 2010

Fakta Tentang Dongeng Cinderella

baju dress cinderella anak
  • Cinderella juga dikenal sebagai The Little Glass Slipper.
  • Cinderella merupakan Disney Princess kedua sebagai gadis yatim piatu, yang pertama adalah Snow White (Putri Salju). Mirip dengan Snow White, Cinderella dibesarkan tanpa seorang ayah pada masa hidupnya. Ia diserahkan ke tangan ibu tiri yang kejam dan pencemburu. Kesamaan lain adalah bahwa keduanya dipaksa menjadi pembantu rumah tangga dalam upaya untuk menyembunyikan kecantikan luar mereka.
  • Cinderella adalah yang pertama dari keempat Putri Disney yang bukan berasal dari darah kerajaan, yang lain yaitu Belle pada tahun 1991, Mulan pada tahun 1998 dan pada tahun 2009 Tiana.
  • Cinderella dianggap sebagai "ketua" dari Disney Princess, seringkali diposisikan di tengah foto publisitas. Ini mengakibatkan beberapa kontroversi, karena dia sebenarnya adalah Disney Princess kedua, setelah Snow White atau Putri Salju jadi banyak yang merasa bahwa Putri Saljulah yang layak menjadi ketua, karena dia adalah tokoh utama dari film pertama Disney, dan diperkenalkan ke dunia 13 tahun sebelum Cinderella.
kaos anak cinderella

  • Cinderella adalah film Disney Princess yang paling populer di kalangan anak-anak.
  • Ketika film Cinderella dirilis, Disney tidak memiliki film hit sejak Snow White dan the Seven Dwarfs. Jika film Cinderella gagal, maka franchise Disney akan bangkrut dan tutup. Namun, film Cinderella merupakan film hit pertama mereka dan mengakibatkan franchise Disney dilanjutkan.
  • Cinderella merupakan Disney princess yang memiliki jumlah terbesar sahabat hewan - tikus, anjing yang bernama Bruno, burung-burung, dan kuda bernama Mayor.
fakta mengenai cinderella

  • Julie Andrews dan Whitney Houston keduanya pernah memainkan peran Cinderella.
  • Adegan favorit Walt Disney dikatakan ketika gaun Cinderella yang robek berubah menjadi gaun pesta putih yang indah.
gaun cinderella anak-anak

  • Dalam film aslinya, Cinderella disuarakan oleh penyanyi dan aktris Amerika Ilene Woods. Untuk sekuel dan film dan televisi penampilan berikutnya, Woods digantikan oleh aktris Amerika Jennifer Hale dan Tami Tappan.
pengisi suara cinderella

  • Suara Cinderella yang merdu diisi oleh seorang wanita bernama Ilene Woods. Awalnya Ilene hanya diajak rekaman oleh temannya yang penulis lagu, rekaman itu lalu diperdengarkan untuk diusulkan menjadi lagu di film Cinderella, namun suara Ilene ternyata sangat disukai oleh Walt Disney yang kemudian langsung memintanya untuk mengisi suara Cinderella.
  • Hampir semua orang tau cerita Cinderella yang mendunia namun banyak juga yang tidak tau kalau sumber cerita Cinderella sebenarnya berasal dari Cina (di abad ke 9, sekitar 800 tahun sebelum cerita Cinderella modern pertama yang dipopularkan di Eropa pada abad ke 17).

    fakta tentang cinderella

    Kisah Cinderella yang pertama:

    Kisah Cinderella yang pertama adalah tentang seorang gadis muda bernama Yeh Hsien yang selalu disiksa oleh ibu tiri dan kakak tirinya. Ayah Yeh Hsien memiliki dua istri dengan satu anak perempuan masing-masing. Ayahnya sudah tidak ada lagi dan ibu Yeh Hsien juga telah meninggal ketika Yeh Hsien masih anak kecil, maka dari itu Yeh Hsien diserahkan kepada ibu tirinya yang kejam, iri hati dan tidak pengertian. Yeh Hsien selalu diberikan pekerjaan rumah yang tiada habis dan melelahkan.

    cerita cinderella cina


    Hiburan dan teman Yeh Hsien satu-satunya adalah seekor ikan yang dikirim oleh ibunya utk menjaga dan menemani dia. Yeh Hsien suka berbicara dengan ikan tersebut, panjangnya sekitar 3 m dan matanya besar berwarna keemasan. Tiap hari Yeh Hsien memberi ikan tersebut makan dan bahkan bermain bersamanya. Suatu hari ibu tirinya mencuri ikan tersebut dan memasaknya lalu dimakan.

    Yeh Hsien shock mengetahui hal ini, dan dia langsung menangis sepanjang malam. Ketika Yeh Hsien sedang menangis tiba-tiba sesosok kakek tua menampakkan dirinya di depan Yeh Hsien dan menyarankan dia agar mencari tulang ikan tersebut dan menyimpannya di kotak karena tulang ikan tersebut terdapat roh yang kuat di dalamnya dan apa yang Yeh Hsien inginkan akan dikabulkan.

    Suatu haridia berharap dia bisa menghadiri pesta festival desa yang hanya dirayakan setahun sekali, dan keinginannya dikabulkan dan dia juga diberikan gaun yang indah dan sepasang sepatu kain emas. Dia menghadiri pesta festival tersebut, tetapi karena khawatir ibu tiri dan kakak tirinya bisa mengenali dia, Yeh Hsien cepat-cepat pulang tapi sepatu kain emas yg sebelah kiri terlepas saat dia buru-buru lari pulang.

    Seorang petani menemukan sepatu emas tersebut dan menjualnya ke kepala desa, sepatu emas tersebut kemudian dijual lagi sampe ke beberapa orang yang pada akhirnya sampai ke tangan raja. Karena penasaran akan kecantikan dan keunikan sepatu kain emas itu, sang raja menjadi penasaran dan mulai melakukan pencarian terhadap pemilik sepatu tersebut. Dan barangsiapa yang kakinya bisa muat di sepatu kecil itu akan dijadikan istri dan ratu di kerajaannya.

0 comments:

Post a Comment