Monday, July 5, 2010

Cara Mencuci Bermacam Jenis Bahan Pakaian

Selalu periksa dan baca label perawatan atau tag yang terdapat pada pakaian anda untuk petunjuk penting supaya terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

Cara Mencuci Nilon.

Busana yang terbuat dari bahan nilon biasanya dapat dicuci dengan menggunakan mesin cuci pada pengaturan air dingin dan siklus yang disarankan oleh tag pada pakaian tersebut. Bila tidak tertera dalam tag pakaian, maka amannya selalu gunakan siklus lembut.

Pisahkan nilon dengan pakaian bahan lain. Deterjen biasa atau deterjen cuci serbaguna seharusnya sudah cukup untuk mencuci nilon. Jika pakaian anda terbuat dari nilon yang halus maka gunakan deterjen ringan atau deterjen khusus untuk bahan halus. Gunakan pemutih non-klorin pada nilon jika diperlukan.

Nilon bisa dikeringkan di tumble dryer atu pengering, hanya saja pastikan settingnya diatur sampai paling rendah kemudian pisahkan pakaian tersebut segera setelah siklus selesai. Nilon tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengering, jadi anda harus rajin mengecek dan mengeluarkannya agar terhindar kerusakan atau potensi meleleh.

Ketika diseterika, gunakan pengaturan yang dingin. Menyeterika dengan tingkat panas yang tinggi amat tidak disarankan karena nilon mudah meleleh. Kain nilon biasanya tahan lama, namun jika semakin sering dicuci dan dikeringkan maka akan semakin besar kemungkinan untuk mengepres dan menjadi usang.

Pilihan terbaik adalah mencuci secara manual dengan menggunakan tangan dan jemur di area yang teduh tidak terkena sinar matahari langsung. Pencucian dan pengeringan tanpa mesin lebih dianjurkan untuk memperpanjang umur pakaian nilon anda secara signifikan.

cara mencuci pakaian

Cara Mencuci Rayon.

Rayon merupakan salah satu serat garmen yang termasuk rapuh. Pastikan anda telah membaca label perawatan di garmen anda karena tidak semua produk rayon dapat dicuci, jika masih mencucinya maka yang mungkin akan terjadi adalah pakaian tersebut dapat menyusut, meregang dan bahkan warnanya akan luntur.

Rayon tidak sekokoh kapas. Selain itu rayon juga lebih lemah di saat basah. Ini sebabnya mencuci rayon dengan tangan lebih dianjurkan ketimbang dengan menggunakan mesin. Gunakan air hangat atau dingin dengan deterjen. Jangan dibentur atau diperas pakaian rayon.

Cara Mencuci Satin.

Satu lagi kain yang dimasukkan ke dalam kategori bahan lembut dan sensitif – satin. Oleh sebab itu, kain yang satu ini sebaiknya di cuci dengan menggunakan tangan (hand washing) daripada menggunakan mesin cuci. Namun apabila anda ingin menggunakan mesin cuci maka pilih siklus lembut pada mesin anda.

Jika menggunakan tangan, usahakan tidak memeras, memutar, atau menggosok dengan kencang kain satin. Gunakan air hangat atau dingin dengan deterjen. Usahakan tidak menggunakan suhu panas yang tinggi di tumble dryer pada produk satin, pakaian satin lebih baik dijemur kering dan tidak terkena sinar matahari langsung supaya tetap menjaga seratnya yang tersusun lembut.

Cara Mencuci Spandex.

Kain yang satu ini sering dijadikan pakaian ketat dan olah raga sehingga sering terkena langsung keringat dan minyak tubuh. Banyak pakaian spandex yang dibuat agar dapat dicuci dengan mesin cuci. Deterjen yang dapat dipilih pun bermacam-macam, ada yang khusus untuk menghilangkan noda nakal, ada juga yang khusus menghilangkan bau badan yang berlebihan dll. Namun menggunakan deterjen biasa pun sebenarnya sudah cukup.

Pakaian spandek dengan bau nakal yang tidak mau hilang bisa diatasi dengan merendamkannya di air hangat dengan cuka secukupnya dan biarkan sekitar 30 menit. Setelah itu cuci seperti biasa pada mesin cuci atau dengan menggunakan tangan. Untuk mempertahankan elastisitas spandex, sebaiknya spandex dikeringkan dengan cara digantung walaupun menggunakan mesin pengering dengan tingkat panas yang rendah juga tidak masalah.

Cara Mencuci Sifon.

Pada umumnya, sifon berbahan rayon dan sutra sebaiknya dicuci menggunakan tangan. Dress atau gaun sifon yang dilengkapi dengan dekorasi atau hiasan cantik serta pakaian sifon yang halus, tipis dan transparan juga harus dicuci manual dengan tangan. Garmen sifon berbahan poliester, katun dan nilon seringkali dapat dicuci dengan mesin cuci. Namun untuk memastikan semua ini, anda perlu mengecek label perawatan di tiap pakaian anda.

Cara mencuci sifon kurang lebih sama seperti kain berbahan rapuh dan lembut lainnya seperti satin dan rayon di atas. Hanya saja perlu diingat untuk tidak mengaduk terlalu kencang pakaian sifon dalam air bilas karena jika bahannya tersangkut aksesoris, resleting, kuku tajam dsb maka kerobekan atau fiber patah bisa terjadi.

0 comments:

Post a Comment