Monday, July 5, 2010

Apa itu Combed Cotton - Proses Pembuatan Benang Kapas

apa itu cotton combed
Kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kapas konvensional dan combed. Tidak semua kapas diproses dengan cara yang sama. Melalui proses yang berbeda dapat mempengaruhi seberapa kuat atau lembutnya kain katun, sehingga menghasilkan bahan dengan kualitas yang berbeda-beda.

Cotton combed adalah versi cotton yang sangat lembut yang dibuat melalui proses khusus sebelum serat kapas ini dipintal menjadi benang.

Untuk membuat benang kapas; kapas dipanen, setelah itu dibersihkan untuk menghilangkan kotoran dan biji-bijian, kemudian melalui proses yang disebut carding. Carding memisahkan antar serat dan sekaligus membariskan fiber fiber tersebut secara sejajar dan di arah yang sama.

Ketika kapas atau cotton di combed/sisir, mereka menggunakan sikat sikat khusus untuk menarik keluar kotoran yang tersisa sekaligus bersama dengan serat kapas yang pendek. Biasanya sekitar 15% dari isi volume cotton tersebut disingkirkan dan menyisakan hanya serat yang panjang, lurus yang sejajar. Cotton combed inilah yang kemudian dipintal menjadi benang.

Tekstur katun combed lebih lembut karena tidak memiliki benang pendek yang muncul keluar disepanjang kain, dan semua kotoran maupun sisa objek yang tak diinginkan telah disingkirkan dari benang. Cotton combed juga lebih kuat, karena serat yang lebih pendek maupun yang mudah pecah telah ditarik keluar melalui proses combing. Proses ini agak memakan waktu tetapi meningkatkan kekuatan, daya tahan, dan kualitas keseluruhan dari serat kapas.

Apa Arti 20s, 20/1, 20s single?

Produsen T-shirt menggunakan banyak istilah untuk menggambarkan produk mereka. Istilah istilah ini tidak selalu konsisten tetapi setidaknya membantu dalam pemahaman untuk panduan referensi. Contoh, cotton combed 20s dari produsen A belum tentu sama ketebalannya dengan bahan cotton combed 20s dari produsen B dan C.

20s, 20/1, 20s single: Unit pengukuran yang mendefinisikan kehalusan sebuah benang katun.

Sebuah spool/gulungan benang kapas berukuran standar terdiri dari 768 meter benang katun. Jika dibutuhkan 20 spool untuk menyamakan berat 1 pound (0.453592 kg), maka benang/thread pada gulungan tersebut disebut sebagai 20s cotton, atau 20/1.

Jika 30 gulungan benang kapas seberat 1 pound, maka thread/benang yang ada pada spool/gulungan tersebut disebut sebagai benang katun 30s, atau 30/1. Begitu juga dengan 40 gulungan benang kapas yang memiliki berat 1 pound, maka thread pada gulungan tersebut yang dimaksud sebagai 40s kapas, atau 40/1.

Ini berarti semakin tinggi angkanya maka semakin halus benangnya dan oleh karena itu semakin lembut juga kainnya. T-shirt yang terbuat dari 30s dan 40s lebih lembut dan halus dibandingkan dengan t-shirt yang terbuat dari 20s. Istilah ini digunakan berbeda beda, tapi biasanya yang dilihat adalah angkanya; "20s," "20/1", dan "20 single" adalah sama. Benang tersebut juga dapat dicampur/digabungkan menjadi sehelai yang lebih tebal. Contoh, jika dua 20/1 benang kapas di gabungkan, maka ini sering disebut sebagai 20/2.

0 comments:

Post a Comment